Pertumbuhan dompet digital (e-wallet) dalam bentuk e-money di Indonesia selama tahun 2022 dapat dikatakan sangat baik. Pertumbuhan ini awalnya merupakan dampak dari Covid-19 yakni terbatasnya mobilitas masyarakat untuk tidak dapat bertatap muka secara langsung.
Hal-hal yang biasanya dilakukan secara langsung, misalnya membeli pulsa, membayar listrik, transfer uang ke saudara, dan lain-lain terhambat karena adanya pandemi. Namun, adanya perkembangan teknologi menjadi peluang bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.
Berdasarkan data dari Bank Indonesia, BI mencatat nilai transaksi uang elektronik (UE) pada November 2022 tumbuh 12,84 persen (yoy) mencapai Rp 35,3 triliun. Sedangkan nilai transaksi digital banking meningkat 13,88 persen (yoy) menjadi Rp 4.561,2 triliun.
Salah satu dompet digital dengan pengguna yang paling aktif yakni DANA. Selama tahun 2022, DANA mengklaim mengalami peningkatan signifikan dalam melayani kebutuhan para pengguna, khususnya dalam bertransaksi secara digital.
Berikut merupakan sekilas pencapaian yang berhasil diraih oleh DANA selama tahun 2022:
Peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov.
Penilaian itu berdasar pada skor positive consideration brand dari YouGov BrandIndex, yang mengukur besaran jumlah pelanggan suatu brand lembaga atau jasa keuangan yang akan mempertimbangkan menggunakan brand tersebut kembali di masa yang akan datang.
DANA mencatat pertumbuhan positif pada akhir tutup buku 2022
Beberapa fitur DANA mengalami peningkatan yang signifikan diantaranya:
- Jumlah rata-rata transaksi harian (year-to-date) naik 160,30% atau 16,4 juta transaksi pada November 2022.
- Jumlah rata-rata transaksi harian (year-to-date) untuk kirim uang naik signifikan yakni sebesar 323,46% pada pada November 2022.
- Jumlah transaksi menggunakan fitur QRIS mengalami kenaikan sebesar 374,25%
- Jumlah transaksi untuk pembayaran tagihan mengalami kenaikan sebesar 172,47%
- Jumlah transaksi untuk pembelian emas digital mengalami kenaikan sebesar 262,87%
Peringkat pertama untuk aplikasi kategori finance di Indonesia pada iOS App Store maupun Google Play 2022 Versi data.ai
Platform financial technology (fintech) DANA mengungkap, aplikasi DANA mengalami peningkatan jumlah unduhan pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2022.
Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, berpendapat bahwa layanan keuangan digital saat ini tak hanya menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini, tetapi juga terbukti mampu mendukung masa depan masyarakat lewat fitur-fitur seperti asuransi dan investasi.
"Konsistensi lonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA menjadi dorongan bagi kami untuk mengembangkan fitur dan produk berikutnya dan memberikan pengalaman bertransaksi terbaik kepada seluruh pengguna," ujar Rangga.
Peringkat kedua kategori finance berdasarkan Top Active Users pada iPhone dan Android, antara bulan Januari hingga Agustus 2022.
Berdasarkan Laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, tercatat 26,4% masyarakat paling tidak menggunakan dompet digital selama sebulan sekali, dan 22,8% lainnya beberapa bulan sekali.
Keaktifan masyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan digital untuk mendukung aktivitas dan produktivitas kehidupan hariannya juga dirasakan oleh DANA di sepanjang tahun 2022. Sehingga, DANA terus berupaya untuk melihat peluang, mengembangkan fitur untuk mampu memecahkan masalah pengguna.
Peringkat keempat dalam jajaran “Everyone’s Favorites” di iOS App Store pada akhir September 2022
DANA berkomitmen untuk membangun kepercayaan pengguna dengan menjadi aplikasi layanan keuangan digital yang ramah pengguna. Hal ini diwujudkan dengan terus berfokus pada produk dan berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik pengguna, tanpa mengurangi jaminan keamanannya.
Menyambut tahun 2023, DANA akan terus berupaya untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas dari pelayanan dan fitur aplikasi sebagai Penyedia Jasa Pelayanan (PJP) terbaik bagi para pengguna.