Informasi mengenai exclusive stories diungkap pertama kali oleh pengembang software bernama Alessandro Paluzzi. Dia membagikan gambar Stories tersebut setelah menemukan referensi ke fitur itu tersimpan di dalam kode aplikasi Instagram.
Dilansir TechCrunch, Kamis (1/7/2021), Instagram mengatakan, screenshot Exclusive Stories yang beredar di internet benar adanya dan sedang dikembangkan secara internal.
Mirip dengan Super Follow di Twitter, Exclusive Stories kabarnya memungkinkan kreator untuk mengunggah konten stories eksklusif yang kemungkinan hanya bisa dilihat dengan membayar biaya langganan. "Exclusive Stories juga bisa disimpan di highlights sehingga fans selalu punya sesuatu untuk dilihat saat mereka bergabung," kicau Paluzzi di akun Twitter miliknya.
Disebutkan bahwa unggahan story yang bersifat eksklusif akan ditandai dengan label khusus berwarna ungu untuk membedahannya dari unggahan Stories lain. Exclusive Stories hanya bisa dilihat oleh pelanggan kreator yang bersangkutan. Ketika orang yang bukan member coba membukanya, Exclusive Stories tidak akan bisa dilihat, hanya ada pesan berbunyi "Hanya anggota dari (nama kreator) yang bisa melihat story ini."
Selain itu, konten story eksklusif juga tidak bisa di-screenshot. Masih belum diketahui kapan fitur Exclusive Stories bakal digulirkan ke pengguna Instagram.
Pihak Instagram sendiri melalui CEO Alex Mosseri sebelumnya memang pernah menyatakan bahwa pihaknya terbuka dengan monetisasi kreator lewat langganan membership, seperti yang dipopulerkan oleh OnlyFans dan Patreon. Model monetisasi tersebut belakangan mulai diadopsi oleh media-media sosial mainstream. Sebelumnya, pada awal tahun ini, Twitter sudah lebih dulu menerapkan fitur serupa yang diberi nama Super Follow
Super Follow adalah sebuah fitur langganan berbayar Twitter yang memungkinkan pengguna memberikan fasilitas tambahan seperti konten eksklusif ataupun akses seperti tanya jawab (exclusive tweet). Menurut penelitian, program Super Follows akan dibatasi untuk pengguna Twitter pemilik setidaknya 10.000 pengikut, yang telah memposting setidaknya 25 tweet dalam 30 hari terakhir, dan berusia minimal 18 tahun.
Adanya exclusive stories dan super follows ini menjadi salah satu cara content kreator untuk mengembangkan kreativitas guna mendapat penghasilan lebih.