iOS 16 Resmi Dirilis, Apa Perbedaan Dengan iOS 15?

Teknologi

iOS adalah sistem operasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Apple, secara khusus untuk mendukung pengoperasian produk mobile device atau perangkat genggam. iOS tidak hanya dipakai pada ponsel iPhone, melainkan juga di perangkat genggam apple lainnya, seperti tablet iPad dan pemutar musik iPod.

Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin, 12 September 2022. Sebagai penerus dari iOS 15, menjadi wajar bila terdapat peningkatan dan pembaruan fitur untuk iPhone di iOS 16. Lalu, apa saja perbedaan iOS 15 dan iOS 16?

Langsung saja, mari kita bahas! 

  •  Lockscreen

Perbedaan pertama yang sangat mudah dijumpai terletak di kemampuan untuk memodifikasi lock screen. Fitur lock screen di iOS 15 tidak banyak mengalami perubahan, hampir mirip dengan versi iOS sebelum-sebelumnya. 

Beda dengan iOS 16, yang mana pengguna bisa memodifikasi lock screen dengan berbagai opsi, misal mengganti warna dan font penunjuk waktu, menambahkan widget, serta terdapat beberapa koleksi wallpaper yang bisa dibuat sendiri seperti wallpaper emoji.

  •  Fokus

Fokus merupakan fitur yang memungkinkan supaya peringatan di iPhone bisa diatur menjadi beberapa mode sesuai dengan aktivitas pengguna, seperti mode “Don’t Disturb” atau “Sleep”. Fitur ini dirilis pertama kali pada iOS 15.

Di iOS 16, terdapat beberapa peningkatan fitur Fokus dari yang sebelumnya. Peningkatan itu seperti ditambahkannya kemampuan memberikan saran untuk hanya menampilkan beberapa aplikasi tertentu di layar “Home”, sesuai dengan mode yang dipilih.

Dengan iOS 16, Fokus bisa diaktivasi pengguna secara otomatis di waktu dan lokasi tertentu. Selain itu, Fokus juga bisa diatur untuk otomatis aktif saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

  •  Live text

Live Text adalah fitur pendeteksi teks dalam file. Sebagaimana sempat disinggung di atas, Live Text di iOS 15 hanya bisa mendeteksi teks di gambar atau foto. Sedangkan di iOS 16, Live Text bisa mendeteksi teks yang tertera di video.

  •  Galeri foto (Photos)

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang berikutnya bisa dijumpai pada galeri foto iPhone. Di iOS 16, Apple tampaknya mengerti kebutuhan pengguna dalam hal menyembunyikan foto agar tidak mudah dibuka oleh orang lain.

Lewat iOS 16, pengguna bisa mengunci foto yang disembunyikan di album “Hidden” dalam galeri iPhone. Album itu kemudian juga bisa dihilangkan agar tidak muncul di galeri. Dua fitur privasi di galeri iPhone ini sebelumnya tak hadir di iOS 15.

  •  iMessage

Dengan iOS 16, Apple setidaknya menambahkan empat fitur baru pada aplikasi pesan instan iMessage yang belum pernah ada di iOS 15. 

Adapun fitur iMessage di iOS 16 adalah Mengedit pesan yang telah terkirim. Satu pesan bisa diedit hingga maksimal lima kali, selain itu fitur lainnya adalah Pesan bisa ditandai belum terbaca, membatalkan pesan yang telah terkirim selama dua menit dan memulihkan pesan yang telah terhapus selama 30 hari.

  •  Safari

Selain iMessage, tak luput aplikasi browser Safari yang juga mendapatkan peningkatan fitur. Misalnya, grup tab yang telah ada di Safari iOS 15 kini bisa dibagikan ke pengguna lain lewat iOS 16. Jadi, pengguna lain dapat ikut mengelola grup tab itu.

Kemudian, di Safari iOS 16, website berbahasa asing dapat diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Fitur penerjemahan website itu sebetulnya telah hadir di iOS 15. Namun, dukungan penerjemahan ke bahasa Indonesia baru hadir di iOS 16.

  •  WiFi 

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang berikutnya terletak di kemampuan untuk melihat password WiFi. Di iOS 15 dan yang sebelum-sebelumya, pengguna tak bisa melihat password WiFi yang tengah tersambung di iPhone.

Baru di iOS 16, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat password WiFi di iPhone. Untuk melihat password itu, pengguna cukup membuka detail informasi nama WiFi yang tersambung di iPhone pada menu “Settings”.

Itulah perbedaan iOS 15 dan iOS 16, semoga informasi dapat bermanfaat.

iOSiOS15iOS16UpdateSmartphone

Penulis: Dava
URL:
Headline: iOS 16 Resmi Dirilis, Apa Perbedaan Dengan iOS 15?
Tanggal Update: 20 Sep 2022

Berita Lainnya
Dalam kategori yang sama

Fitur baru Whatsapp, Admin dapat hapus pesan anggota lain.
WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk smartphone. WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas ...
Jangan Panik, Berikut Adalah Cara Mengatasi Handphone Yang Kemasukan Air
Hp terjatuh kedalam air adalah sebuah kasus yang sering kita jumpai di kalangan pengguna. Namun saya ...
Tidak Bisa Download Aplikasi Di Apps Store? Ini Solusinya!
Seperti yang kita ketahui, download atau mengunduh aplikasi di iPhone bisa dilakukan melalui toko ap ...
1,3 Miliar Data Pribadi Pengguna Bocor! Ini Tanggapan Kominfo dan Jasa Operator Seluler
1,3 miliar data pribadi yang terdiri dari nomor handphone, NIK, dan nama priverder bocor ke publik s ...
WhatsApp Update! Kini Bisa Kirim File Hingga 2GB
WhatsApp melakukan update dengan versi terbarunya dan menambahkan beberapa fitur baru yang bisa digu ...
Iphone Dan Ipad Seri Lama Wajib Update Untuk Tambal Kemanan
Apple menghimbau adanya pembaruan untuk iPhone dan iPad seri lamanya.
Cara Memunculkan Notifikasi WhatsApp di Apple Watch
WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang bisa dihubungkan ke berbagai platform, termasuk smart ...
POCO C40, Smartphone Dengan Kapasitas Baterai Luar Biasa!
POCO adalah salah satu merk ponsel keluaran Xiaomi yang sedang ramai dibicarakan. Kini, POCO mengelu ...
Cara Membeli Tiket Bioskop Secara Online
Menonton film di bioskop merupakan salah satu hal yang banyak digemari semua orang dari semua kalang ...
Jenis iPhone Yang Tidak Dapat Menjalankan Aplikasi Whatsapp
Berikut adalah tipe ponsel yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp per Oktober 2022. Hal ini dikar ...