Tanah Air Digital Exchange (Tadex) menjadi platform penyedia layanan programmatic advertising terbesar di Indonesia, yang menghadirkan solusi periklanan yang dapat diandalkan, transparan, serta kompetitif.
Platform ini merupakan hasil kolaborasi Telkom Group yakni Telkomsel, Metranet, dan MD Media bersama dengan Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability.
Dengan adanya Tadex, para pengiklan atau advertisers ke depannya tidak perlu menggunakan jasa platform luar negeri seperti Google Ads. Bagi para publisher, Tadex memberi lebih banyak kesempatan agar ruang yang tersedia dibeli oleh advertiser.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan kata sambutan dan apresiasinya atas peluncuran Tadex di Tanah Air.
"Saya yakin, Tadex akan memberikan angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak peluang-peluang baru yang bermanfaat bagi advertiser, publisher, marketer, dan pemangku kepentingan lainnya," ujar Jokowi dalam peluncuran Tadex yang digelar secara daring melalui telekonferensi Zoom, Selasa (29/6/2021).
Dengan menggandeng media massa yang terverifikasi, diharapkan penargetan ini iklan mampu sekaligus memberikan konten berkualitas. “Kami optimistis Tadex mampu memberikan manfaat maksimal bagi publisher, advertisers, marketer, dan pihak lainnya,” kata CEO Telkomsel Hendri Mulya Syam.
Ia juga menilai, ini jadi momentum bagi Telkomsel dalam upaya memperkuat transformasi digital di Indonesia. Kemudian, ini akan membuka kesempatan baru bagi sektor industri periklanan digital.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mengatakan bahwa, Tadex tidak kalah dengan nama besar seperti Google Ads. Erick juga mengucapkan selamat dalam peluncuran itu. Pendiri Mahaka Media itu berharap ekosistem periklanan Indonesia juga bisa bangkit.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah mengatakan, Tadex akan bisa meminimalkan peluang hoaks di media. Banyak sekali media dengan judul sensasional, tetapi berisi informasi hoaks. Dengan begitu Tadex juga bisa menjadi solusi bagi pengiklan serta publisher.
Sejauh ini Tadex baru menjangkau untuk pengiklanan yang dilaksanakan pada platform seperti media online. Namun, SVP Digital Advertising and Banking Telkomsel, Ronny W. Sughiadha, mengatakan pihaknya tengah mempelajari model iklan seperti apa yang cocok untuk media radio dan televisi.
Kendati demikian, ia optimistis dengan kondisi dan kemampuan yang dimiliki oleh Tadex. “Kami yakin akan ada audiens yang scalable, dan juga masif,” pungkasnya.