Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dilakukan beberapa startup, termasuk raksasa e-commerce untuk dapat bertahan di tengah resesi global, yang trennya diperkirakan akan berlanjut sepanjang tahun. Selain PHK, beberapa e-commerce menaikkan harga dan memotong subsidi pengiriman, yang mana dampaknya akan merugikan pengecer kecil mereka.
Perusahaan juga merampingkan tim operasionalnya, membuat dukungan vendor yang lebih lambat dan tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan saat ini.
Di Indonesia sendiri, e-commerce memiliki masa depan yang cerah karena diperkirakan e-commerce akan tumbuh sebesar 23,8% pada tahun 2022 dan akan terus tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 22,0% antara tahun 2021 dan 2025, mencapai IDR menjadi 753,8 triliun pada tahun 2025.
Selain pemulihan yang cepat dari pandemi di seluruh industri, sebagian besar pertumbuhan e-commerce didukung oleh tren perdagangan sosial dan penjualan melalui saluran obrolan (room chat). Ini sangat penting bagi industri sebagai stimulus untuk memulai tumbuh lagi.
Banyak pelanggan lokal membeli produk dari penjual yang lebih aktif dan responsif di room chat. Saat ini, beberapa merek telah melakukan upaya baru untuk merampingkan saluran perpesanan.
Strategi ini menjadi tren penting di pasar e-commerce lokal, di mana penjualan melalui forum menjadi salah satu nilai jual terbaik di Indonesia.
Pertumbuhan pendapatan terus berlanjut dalam berbagai cara, dan saat ini perwakilan penjualan kewalahan mengelola berbagai saluran sosial dan saluran penjualan karena mereka mengharapkan pengguna mengharapkan respons waktu nyata dari merek.
Selain itu, karena e-commerce mengendalikan data penjualan global yang penting, penjual lokal menghadapi kekurangan data pihak pertama yang memadai untuk mendapatkan wawasan yang akurat tentang bisnis mereka sendiri.
Dengan pemikiran ini, Sleekflow (platform omnichannel chat) telah mengembangkan opsi bagi penjual atau merek lokal untuk memanfaatkan potensi perdagangan sosial.
Secara khusus, Sleekflow telah mengembangkan fungsi checkout satu klik dan ekosistem pembayaran sosial yang memberikan solusi komprehensif untuk transaksi bisnis (pembelian) langsung melalui percakapan sosial.
Solusi ini merupakan bagian dari otomatisasi kampanye TikTok, toko Instagram maupun penjualan ketika streaming langsung.
Dengan solusi yang komprehensif dan berfokus pada pengguna, Sleekflow telah berkembang sebanyak 400 per tahun sejak didirikan pada tahun 2019, dari tiga tim menjadi 120 tim dengan tim yang baru dibentuk di Indonesia.
Oleh karena itu, Sleekflow sebagai komunikasi multi-channel sangat membantu pelaku usaha dalam merespon berbagai pertanyaan dari pelanggan. Sehingga, diharapkan pelanggan merasa mendapat perhatian dari penjual demi kenyamanan bersama.
Sumber terkait: sleekflow.io/id-id