Untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya diadakan perlombaan untuk memeriahkan suasana. Berbagai jenis lomba diadakan, balap karung, lomba makan kerupuk, balap kelereng, dan lain-lain. Salah satu jenis perlombaan yang mengandalkan kepandaian yaitu cerdas cermat. Meski dikala pandemi, berbagai pihak menyelenggarakan kompetisi cerdas cermat online.
Seperti platform pendidikan teknologi, Zenius, dalam kompetisi yang digelar selama bulan Agustus ini. Bertajuk “Mulai Dari Misi Agustusan”, kompetisi ini merupakan kompetisi yang terbuka secara umum dan dapat diikuti oleh siapapun tanpa biaya.
“Kompetisi Mulai Dari Misi Agustusan” ini adalah program khusus dari Zenius, di mana para peserta kompetisi akan bertanding satu sama lain melalui fitur terbaru Zenius, ZenCore.
ZenCore merupakan fitur terbaru Zenius yang menyediakan materi dan pelatihan bersifat adaptif tentang keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap individu.
Implementasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), memungkinkan Zenius untuk menghadirkan pembelajaran adaptif secara masif. Sehingga seluruh soal-soal yang disajikan di ZenCore akan dipersonalisasi sesuai dengan tingkat kemampuan dan level pemahaman masing-masing pengguna, terlepas dari perbedaan level pengetahuan yang dimiliki.
Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS, menyampaikan, Agustus menjadi bulan yang penuh euforia dalam semarak merayakan hari kemerdekaan.
"Idealnya, Agustus menjadi bulan yang penuh kemeriahan akan berbagai kompetisi, seperti cerdas cermat di lingkungan sekolah. Melalui kompetisi ini, kami ingin masyarakat bisa meningkatkan keterampilan dasar mereka melalui ZenCore yang menggunakan model pembelajaran adaptif,” katanya.
Kompetisi yang akan berlangsung selama 6-31 Agustus 2021 ini bisa diikuti oleh seluruh orang di seluruh Indonesia.
Mereka hanya perlu menggunakan fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius dan menjawab pertanyaan sebanyak-banyaknya, seakurat mungkin. Selain total poin untuk jawaban yang benar, sistem juga akan mengidentifikasi tingkat keakuratan jawaban dari para pengguna.
“Kami selalu berinovasi menghadirkan cara-cara kreatif untuk memberikan motivasi pada setiap orang, hingga akhirnya menumbuhkan rasa kecintaan pada kegiatan belajar,” tutup Sabda.
Sejak digelar pada 6 Agustus lalu, kompetisi ini sudah diikuti oleh 24 ribu lebih pengguna. Kompetisi ini menawarkan berbagai hadiah seperti Apple iMac, Apple Watch, iPhone 12 Pro Max, dan beragam hadiah lainnya dengan total senilai lebih dari Rp 1 miliar.
Total akan ada 45 orang pemenang yang akan diumumkan pada akhir periode kompetisi.