Kuncie, penyedia solusi pendidikan di Indonesia, berhasil mencapai hasil yang kuat pada tahun 2023, meskipun menghadapi situasi yang semakin sulit bagi sektor startup pendidikan pada tahun 2024. Pada tahun 2023, tingkat pertumbuhan tahunan nilai transaksi platform pendidikan mencapai 3,5 kali lipat.
Hal ini terjadi di tengah gejolak industri pendidikan, termasuk perubahan logo dari startup legendaris Zenius setelah 20 tahun beroperasi. Kuncie Telkomsel menunjukkan ketahanan yang luar biasa dengan pendapatan dua kali lipat lebih tinggi pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022.
Menurut Hendra Saputra, CEO Kuncie, perusahaan berhasil tumbuh di tengah kondisi industri yang sulit, menunjukkan kemampuan Kuncie memenuhi kebutuhan masyarakat umum dan profesional. "Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan pertumbuhan finansial solid, tetapi juga validasi atas nilai yang dihadirkan oleh Kuncie sebagai platform yang meningkatkan kompetensi dan kapasitas penggunanya," kata Hendra, Jumat (12/1/2024).
Keberhasilan kinerja Kuncie di segmen pelanggan korporat pada tahun 2023 didukung oleh Corporate Training Solutions, pembelian berbagai modul video pembelajaran, dan serangkaian kelas belajar mandiri yang bersifat individual.
Sementara itu, program yang dikhususkan untuk individu juga mencatatkan kinerja positif, seperti program Kuncie Executive yang hasil kolaborasi dengan institusi pendidikan ternama seperti SBM ITB (School of Business Management, Institut Teknologi Bandung) dan UGM (Universitas Gadjah Mada).
Dalam program Corporate Training Solution, Kuncie telah dipercaya oleh berbagai perusahaan multi-industri dengan layanan utama, seperti platform management system, yang merupakan program terbaru Kuncie untuk memberikan akses kepada perusahaan dalam mengelola proses dan kemajuan pelatihan karyawan secara efektif.
Hendra menjelaskan, "Program eksklusif ini dapat dipersonalisasi dengan memilih dan menggabungkan program-program Kuncie yang sudah ada ke dalam kurikulum yang didesain ulang secara khusus."
Kuncie, sebagai platform Edutech dengan ribuan pengguna profesional sejak diluncurkan pada tahun 2021, terus berkomitmen untuk memberikan penawaran layanan inovatif guna memenuhi tujuannya dalam mencetak lebih banyak profesional yang luar biasa dan berkemampuan tinggi di Indonesia.
Hendra mengungkapkan rencana Kuncie untuk mengintegrasikan layanannya dengan aset komersial Telkomsel pada tahun 2024, termasuk layanan seperti Halo+, Ilmupedia, dan Indihome. Pertumbuhan bisnis Kuncie di masa depan akan didorong oleh pengembangan inovasi yang terintegrasikan dengan aset-aset Telkomsel.
Kuncie juga berencana untuk membuka lebih banyak kelas Kuncie Executive melalui kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan ternama di Indonesia. Hendra optimistis meskipun industri edutech dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks di masa mendatang, namun edutech tetap memiliki prospek yang cerah, terutama dalam menyasar segmen profesional.
Sumber terkait: https://www.kuncie.com