Adanya akselerasi digital membuat fitur live streaming e-commerce berkembang pesat. Fitur ini diprediksi memiliki nilai USD $19 miliar di Asia Tenggara pada 2023. Menurut penelitian terbaru, konsumsi konten online harian di seluruh dunia meningkat sejak awal pandemi mencapai 6 jam 59 menit.
Secara global, salah satu yang paling populer adalah tontonan dari kategori fashion dan beauty. Konten-konten ini menarik perhatian pelanggan dengan cara yang interaktif dan berperan penting pada industri retail e-commerce.
ZALORA sebagai market place fashion dan lifestyle merilis fitur siaran langsung atau live stream pertamanya, Z-Live, mulai tanggal 25 Juni 2021.
“Z-Live kini merupakan bagian dari perjalanan atau pengalaman belanja pelanggan Zalora, dengan membuka komunikasi dua arah antara pelanggan dan brand. Dengan menghadirkan fitur interaksi real time ini, mitra brand Zalora kini memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan kapan saja dan dimanapun mereka berada," ujar Gunjang Soni, CEO Zalora Group.
Siaran langsung juga dapat meningkatkan hubungan emosional yang kuat terhadap belanja online, dimana dapat menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan offline seperti ketika menunjukkan sebuah produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan interaksi lainnya.
Z-Live berkolaborasi dengan teknologi BeLive, penyedia teknologi live stream dari Singapura. BeLive merupakan pemain live stream utama sejak 2014. Menghadirkan kualitas video yang baik, BeLive akan mendukung berbagai konten live stream Zalora dengan kecepatan dan keamanan yang terjamin.
Z-Live memiliki 5 segmen live stream dengan durari 30-60 menit, dimana fokus pada berbagai kategori populer ZALORA, dengan penawaran eksklusif dan hadiah giveaway yang dapat dinikmati selama live stream berlangsung.
- Friends In Fashion
Segmen ini fokus pada fashion variety show, berkolaborasi dengan ahli gaya dan mode serta tim dari ZALORA. Bersiap-siap untuk menyaksikan topik yang relevan dengan industri fashion, tren dan mainkan permainan interaktif dengan hadiah giveaway untuk para penonton secara langsung.
- Style Challenge
Segmen penataan gaya ini menguji kecepatan dan gaya mode para bintang tamu dalam menata tampilan untuk tampil di berbagai kesempatan. Makin penasaran ya apakah mereka bisa menata tampilan dengan waktu yang terbatas?
- Beauty Files
Panduan terpercaya untuk diskusi topik skincare dan makeup, membahas mengenai bahan-bahan, teknik, tips dan trik hingga sesi Q&A bersama para penonton.
- Just For Kicks
Segmen khusus bagi penggemar sneaker dan streetwear, dimana penonton akan menemukan tren dan pembahasan terkini mengenai street culture di sini.
- Hot Sales
Siap-siap untuk menerima berbagai informasi diskon dan promosi dengan flash sale dan pemenang harian dari Zalora.