Manfaat Belajar Coding Sejak Dini

Programming

Selaras dengan industri 4.0 yang menuntut perkembangan teknologi dalam berbagai sektor. Tidak heran banyak orang yang tertarik belajar coding untuk mempersiapkan diri mereka di masa depan. Termasuk para orang tua dalam membekali ilmu bagi anak-anaknya. Tidak sedikit dari mereka yang mulai memikirkan masa depan si kecil dengan menjerumuskan coding.

Coding atau bahasa program adalah cara untuk memberikan perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, gawai (gadget) untuk melakukan sesuatu. Anak-anak dapat membuat suatu game, animasi, menggerakkan robot, dan membuat suatu aplikasi sederhana. Tentunya, Coding untuk anak jauh lebih mudah dengan prinsip mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan software pemrograman seperti Scratch, MIT App Inventor, Photon Robot, dll.

Berikut adalah manfaat belajar Coding bagi anak:

1. Computational Thinking

Melatih kemampuan berpikir anak secara terstruktur dan logis. Anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan dapat memecahkan masalah sehingga kemampuan anak berkembang.

2. Meningkatkan Kreativitas

Dalam belajar Coding, kreativitas anak pun dapat meningkat dengan baik. Dari membuat suatu animasi, memunculkan gambar, tulisan, suara dan variasi lainnya dapat mendorong anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Kemampuan berbicara, menulis, dan lainnya pun ikut terdorong dengan cara berpikir yang kreatif.

3. Problem Solving

Anak yang mempelajari Coding pasti akan menemukan suatu masalah seperti menemukan error dalam memprogramnya. Dengan itu, secara otomatis anak terlatih mencari solusi untuk memecahkan masalah dan mengetahui cara mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi dengan menuliskan kode yang tepat.

4. Softskill

Penggunaan dan pembuatan suatu teknologi sudah dilatih sejak kecil sehingga softskill terus berkembang. Anak dapat menghasilkan suatu produk buatannya sendiri seperti membuat game, animasi, dan bahkan aplikasi sederhana. Kemampuan berpikir logis serta pengalaman yang telah didapat dari belajar Coding akan selalu bermanfaat walaupun bahasa pemrograman akan berbeda di waktu mendatang. Prinsip berpikir logis inilah yang akan terus terpakai, meski bahasa pemrograman akan selalu memiliki versi terbarunya.

5. Fasih Teknologi

Anak yang memiliki skill Coding tentu memiliki daya saing yang lebih bagus di era digital yang sangat kompetitif ini. Teknologi canggih yang terus berkembang dan akrab dengan kita akan lebih fasih dipahami dengan mempelajari Coding, sehingga di masa depan Coding dapat menjadi salah satu skill wajib untuk sukses dalam karir dan pekerjaan.

 

Banyak sekali aspek yang sangat bermanfaat dari belajar Coding bagi anak-anak ya! Dengan belajar Coding untuk anak tentunya akan menyenangkan karena sudah disesuaikan untuk usianya. Materi Coding anak lebih sederhana dan sifatnya hiburan (membuat game, animasi).

Mari ajak anak-anak untuk belajar Coding dengan cara menyenangkan!

 

 

 

codinganakcodingforkids

Penulis: Dewi Wijayanti
URL:
Headline: Manfaat Belajar Coding Sejak Dini
Tanggal Update: 03 Jul 2021

Artikel Lainnya
Dalam kategori yang sama

7 Framework PHP Terpopuler dan Terbaik untuk Developer
Proses pengembangan website dulu terkenal sangat sulit, rumit, dan membutuhkan waktu yang cukup lama ...
Cara Membuat Blog Pribadi dengan Mudah Untuk Pemula
Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi seperti artikel, foto, atau vid ...
Tentang PHP Arrays
Array adalah salah satu struktur data yang berisi sekumpulan data dan memiliki indeks. Indeks diguna ...
Cara Melihat Versi MySQL
Pada kesempatan ini kami akan membagikan tips sederhana dalam dunia database MySQL. Jika Anda famili ...
Pengenalan Macro VBA Excel Dasar #1
Apakah anda sudah pernah mendengar istilah Macro atau VBA? Saya yakin sudah. Kalau belum, sepertinya ...
Tutorial Dasar Koneksi PHP MySQL
Pada kesempatan ini kita akan belajar cara koneksi database MySQL dengan bahasa PHP. PHP adalah baha ...