AHA Commerce merupakan salah satu penyedia layanan pemberdayaan e-commerce di Indonesia. Perusahaan yang dikenal sebagai "e-commerce enabler" ini membantu brand dalam menciptakan saluran penjualan digital yang komprehensif.
Mengapa e-commerce perlu diberdayakan?
Dilansir dari Kominfo, pada tahun 2022, 94 persen orang Indonesia melakukan belanja online, dengan 28,5 persen mengatakan bahwa mereka sering melakukannya dalam sebulan. Faktanya, diperkirakan penjualan online di Indonesia sudah bernilai Rp 851 triliun. Lantas, setiap brand kini perlu memiliki saluran penjualan dan distribusi digital yang mudah diakses secara online sebagai hasil dari perluasan era digital.
Dengan bantuan tren ini, sejumlah brand dapat memperluas basis konsumen mereka secara signifikan. Di sinilah tantangan penjualan online muncul, termasuk kurangnya inovasi digital, laporan keuangan yang tidak memadai sehingga sulit untuk mendapatkan pendanaan dari perbankan, dan taktik pemasaran yang tidak efisien.
Dengan melihat peluang ini, AHA Commerce hadir untuk membantu brand dalam mengembangkan seluruh saluran penjualan digital mereka, mulai dari mengelola inventaris, memproduksi konten pemasaran, memenuhi pesanan klien, hingga mengirim barang dan menyusun laporan penjualan secara menyeluruh.
Telah beroperasi sejak 2011, AHA Commerce memiliki hubungan kemitraan dengan Lazada, Shopee, dan Tiktok Shop. Selain itu, perusahaan ini mengelola lebih dari 90 etalase online dari berbagai perusahaan ternama, termasuk Kalbe, JBL, Harman Kardon, dan Post-It, dan memiliki 12 mitra pengiriman.
AHA Commerce memiliki sejumlah contoh peningkatan pendapatan dan penjualan brand di Lazada dan Shopee. Mereka dapat memaksimalkan penjualan produk dengan menggunakan sistem analisis big data, sistem pemasaran robotik (AHAbot), implementasi yang konsisten dengan bantuan sistem ERP terintegrasi, dan staf profesional yang memiliki pengetahuan tentang platform online.
Oleh karena itu, tidak heran bahwa AHA Commerce menjadi satu-satunya e-commerce enabler Indonesia yang masuk dalam daftar "Top 5 Shopee Premium Enabler Q1/2022" dengan menerima penghargaan Best Lazada Partner.
"Tujuan kami adalah untuk mendukung bisnis di lingkungan sekitar untuk menghasilkan kisah sukses yang relevan. Untuk membantu brand yang ingin meningkatkan penjualan online mereka, AHA Commerce berdedikasi untuk menjadi mitra pendukung e-niaga yang dapat diandalkan." Tutur Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce, Rabu (19 Juli 2023).
Dengan kata lain, AHA Commerce memiliki misi untuk mengembangkan ekosistem perdagangan yang lebih inklusif dengan memberdayakan pelaku bisnis dari berbagai skala, termasuk UMKM, serta meningkatkan daya saing industri di era digital. Melalui inovasi dan teknologi, mereka berkomitmen untuk menciptakan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, dengan memberikan peluang akses pasar yang lebih luas, efisiensi operasional, dan kemudahan berbelanja bagi konsumen.
Sumber terkait: https://www.ahacommerce